-->

Pemanfaatan Search Engine dalam Kedokteran

Search Engine atau mesin pencari web adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web (www). Search engine dirancang untuk membuat berintegrasi dengan basis data akademis yang online dari literatur-literatur yang telah di unggah atau di simpan dalam database

Berikut adalah beberapa pangkalan data yang biasa digunakan oleh mesin telusur medis yang kredibel:

EMBASE - dimiliki oleh Elsevier dengan lebih dari 29 juta rekaman
MEDLINE - berisi lebih dari 22 juta artikel yang dipublikasikan secara biomedis dalam arsipnya
PsycINFO - berisi lebih dari 3,5 juta rekaman
Cochrane Database of Systematic Reviews (CDSR)
MedlinePlus


1. PubMed - https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/
PubMed mungkin adalah mesin pencari online pertama yang muncul dalam pikiran para penulis kesehatan. Ini adalah arsip online gratis dari artikel jurnal medis yang dikelola oleh National National Health of Institution of Health (NLM) dari National Institutes of Health.

Ini berisi lebih dari 25 juta catatan dan mencari beberapa basis data - termasuk berinteraksi dengan MEDLINE dan publikasi lain oleh NLM, seperti MedlinePlus.

Anda dapat dengan mudah mempersempit pencarian Anda per topik di PubMed dengan mengetikkan istilah pencarian ke MeSH (Judul teks subjek medis) untuk menyaring hasil dan menemukan artikel jurnal tertentu.

Memiliki dua atau tiga mesin pencari jurnal medis 'go-to' dapat membantu Anda secara konsisten mencari bukti kualitas.

2. Ovid - https://ovidsp.ovid.com/
Jika Anda memiliki akses masuk dari institusi Anda, ada mesin pencari lain yang mencari MEDLINE, seperti Ovid, Ebscohost dan ProQuest.

Ovid adalah mesin pencari yang sebanding dengan PubMed. Keuntungannya dibanding PubMed adalah pencarian basis data selain MEDLINE, termasuk EMBASE dan Cochrane Database of Systematic Reviews (CDSR). Ini berarti bahwa pencarian Anda akan diperluas untuk menyertakan lebih banyak hasil memberi Anda lebih banyak bukti untuk digunakan untuk tulisan Anda.

5. ScienceDirect - https://www.sciencedirect.com/
Anda mungkin sudah akrab dengan ScienceDirect. Ini adalah database ilmiah teks lengkap, yang benar-benar dapat membantu menulis Anda ketika Anda perlu membaca lebih dari abstrak.

Mesin pencari memungkinkan Anda untuk menemukan artikel di lebih dari 3.800 jurnal sains, teknologi, dan obat-obatan yang dimiliki oleh penerbit akademik Elsevier.

Portal serupa lainnya adalah SpringerLink yang memiliki akses ke lebih dari lima juta artikel dalam jurnal yang dioperasikan oleh penerbit Springer.

6. Scopus -- https://www.scopus.com/
Pada tahun 2006, seorang peneliti Amerika menulis ulasan yang menunjukkan bahwa, jika Anda secara teratur menggunakan Web of Science untuk mencari artikel, Scopus dapat menjadi pelengkap yang hebat - karena tidak ada sumber daya yang mencakup semua yang dipublikasikan.

Scopus adalah database besar lebih dari 60 juta literatur peer-review yang juga dimiliki oleh Elsevier. Scopus interface dengan database EMBASE dan MEDLINE untuk mencari catatan untuk artikel jurnal.

Anda dapat mengakses artikel teks lengkap dari lebih dari 4.200 jurnal teks lengkap, namun login mungkin diperlukan melalui berlangganan untuk beberapa artikel jurnal teks lengkap.

6. Cochrane Library - https://www.cochranelibrary.com
Jika Anda mencari ulasan sistematis atau meta-analisis, Anda harus mencari Perpustakaan Cochrane. Selain hasil yang diperoleh dari Cochrane Database of Systematic Reviews (CDSR), hasil penelusuran perpustakaan Cochrane juga dapat mencakup uji coba kontrol di MEDLINE dan EMBASE, protokol Cochrane dan editorial.

Perpustakaan Cochrane adalah platform pencarian berbasis langganan. Namun, beberapa artikel akses terbuka dapat diambil, tergantung kapan artikel tersebut diterbitkan.

7. Google Scholar - https://scholar.google.co.id/
Google Cendekia adalah artikel jurnal pengindeksan mesin telusur gratis dari berbagai basis data. Jika Anda secara teratur menggunakan Google untuk mencari secara online, menggunakan Google Scholar akan datang secara alami dan Anda dapat dengan mudah menavigasi dan memfilter hasil yang sesuai dengan pencarian Anda.

Google Scholar adalah mesin pencari sekunder yang bagus untuk digunakan setelah pencarian awal Anda. Jika Anda kesulitan menemukan artikel, sering kali penelusuran di Google Cendekia dapat membantu Anda menemukan artikel tersebut.

Click to comment