-->

Penggunaan Mindmap dalam Google Education

"Google for Education" adalah layanan dari Google yang menyediakan versi beberapa produk Google yang dapat disesuaikan dengan pengguna secara terpisah menggunakan nama domain yang disediakan oleh pelanggan (misal: xxx@uii.ac.id). Fitur inimemiliki beberapa aplikasi Web dengan fungsi yang mirip dengan 'work suite', termasuk Gmail, Hangouts, Google Calendar, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Grup, Berita, Play, Sites, dan Vault. Produk ini juga terkait dengan penggunaan Chromebook yang dapat ditambahkan ke Domain G Suite dari lembaga pendidikan yang telah bekerja sama dengan google.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam proses belajar di kedokteran adalah aplikasi mindmap. Aplikasi yang disediakan untuk mindmap ada beberapa macam, salah satunya adalah https://drive.mindmup.com , https://www.mindomo.com/mindmap , https://www.mindmeister.com , dll. Pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan aplikasi 'mindmup 2.0 for google drive'.

Langkah pertama:
Sign in ke https://drive.google.com menggunakan 'G-Suite account'.
atau

Langkah kedua:
Pilih 'New', kemudian pilih 'More', kemudian pilih 'Connect more app'.
kemudian 

Langkah ketiga:
Masukkan kata kunci 'mindmup' pada kolom search, kemudian pilih 'connect'.
kemudian

Langkah keempat:
Buatlah sebuah folder dan pastikan memasukkan file mindmap dalam folder yang benar (misal: Mydrive > FK UII FILES > Blok 1.1 2018-2019), kemudian pilih aplikasi mindmap, pada pelatihan kali ini menggunakan 'Mindmup 2.0 for Google Drive'
Langkah kelima:
Buatlah judul pada file mindmap.
untuk menambahkan anak dapat menggunakan tombol 'TAB'.
untuk menambahkan sepupu dapat menggunakan tombol 'ENTER'
atau bisa menggunakan toolbar pada kiri atas.



Contoh mindmap



Click to comment